30 October 2016

Aktifkan Scroll Lock di VNC Viewer Untuk Respon Tombol WIN

Salah satu tools yang gw sering pakai itu teamviewer, untuk handle instalasi klien juga pakai tools ini, salah satu enaknya, dia bakal grab tombol khusus seperti ALT, CTRL dan WIN secara otomatis, jadi kontrol remote komputer bisa natural, karena kombinasi tombol2 diatas cukup sering gw pakai, contohnya WIN+R utk menu RUN, WIN+D untuk clear desktop, WIN+UP utk maximize, pindah pindah aplikasi dengan ALT+TAB, lihat process dengan CTRL+SHIFT+ESC dsb.

Untuk komputer komputer di rumah yang tadinya mau pakai teamviewer tapi biar simpel install ultraVNC aja, sayangnya dia tidak respon kombinasi tombol2 diatas, ini bikin penggunaan remote komputer agak lambat buat saya

Secara kebetulan kemarin, tools copy file TERACOPY yang sudah saya gunakan sejak lama, perlu saya matikan sejenak untuk lihat fitur copy bawaan windows, untuk mematikan sementara TERACOPY adalah dengan menyalakan SCROLL LOCK..


Dan... karena lupa mematikan SCROLL LOCK ini, saat saya menjalankan vnc viewer... jreng jreeeng... tombol WIN berfungsiiiiiii.....

HOREE..... Norak... girang... ternyata harus nyalakan scroll lock supaya kombinasi tombol khusus berfungsi di vnc viewer, hehehe... nyari nyari di config vnc, ga ada info ini, siapa tahu berguna buat yang lain...

No comments:

Post a Comment