10 October 2014

Konversi Video Supaya Bisa Jalan Di Headunit Mobil

Gara gara anak bungsu demen Masha and the Bear, downloadlah saya film2nya si Masha itu, sekaligus 42 episode, rentang 5 tahun si Masha mengudara.

Kerennya, kualitas filenya tinggi banget, video dengan resolusi 1080p, dan bitrate 384 kbps, uwaw, highend digital quality deh, tapii... codec kompresinya dia MP4, dengan sukses ga bisa di play di headunit mobil saya yang bermerk AVIX.

Setelah googling sana sini, ada beberapa tools untuk konversi mp4 ke avi supaya bisa di play di mobil, avi ini codenya bertipe mpeg, codec standar yang hampir bisa di jalankan di semua, player video.

Bisa di download disini http://www.pazera-software.com/, pilih link mp4->avi


Install setelah selesai download,

Penggunaan aplikasi cukup mudah, drag file yang akan di konversi, kemudian atur setting file hasil jadi, dan klik "convert"

Untuk melihat kualitas file dari video yang akan di rubah, tekan F10, karena kalau sudah cukup rendah kualitasnya, tidak perlu di turunkan lagi settingnya.


Fokus utama, kalau resolusinya tinggi, rendahkan sesuai kemampuan headunit, untuk mobil saya playernya max resolusi adalah 800x480, jadi saya pilih yg ada 640x480 saja, karena si player bisa auto resize

 

Kemudian, audio codecnya, untuk sampling dan channel tidak terlalu banyak merubah ukuran file, tapi menurut saya bitrate 128 kbps untuk audio sdh lumayan, kecuali butuh kejernihan lebih tinggi, sesuaikan bitratenya, rata2 mp3 kualitas tinggi bitratenya 320kbps-an, jadi kalau ingin video dengan audio yg bagus gunakan setting dengan nilai yg lebih tinggi.

Tentunya setting ini tergantung dari file originalnya, maksimumnya ya seadanya kualitas file ori tersebut, seperti video masha ini, aslinya 384 kbps, jadi masih bisa saya turunkan.


Untuk setting paling penting, setting videonya, ada mpeg-1 dan mpeg-2, dua duanya bisa di play di player saya, tapi untuk mpeg-2 agak patah2, jadinya saya menggunakan mpeg-1 saja. sama seperti audio, atur bitrate supaya sesuai dengan kemampuan player, untuk player saya, saya menggunakan 600 kbps,



Penggunaan Pazera ini sekarang, lumayan sering saya gunakan juga, untuk konversi video video klip hasil download youtube, yang umumnya hasil download adalah tipe file .mp4

Setelah selesai atur setting, resolusi, audio dan video, tinggal klik convert dan biarkan pazera bekerja, tergantung setting yg dipilih, proses ini bisa cukup memakan waktu, kalau saya sih, biarkan semalaman dia bekerja, maklum, jumlah filenya cukup banyak.


No comments:

Post a Comment