17 November 2012

Pakai Cloudflare untuk CDN dan proteksi situs

Waktu tanggal 6 November kemarin sempat heboh di jagat per network-an *tssah* karena google sempet disangka down, dan yang membuat downnya itu oleh operator Indo, tapi untungnya, problemnya cepat di selesaikan oleh net admin dari cloudflare, yang di ceritakan detil disini http://blog.cloudflare.com/why-google-went-offline-today-and-a-bit-about, saya jadi tau deh ada CDN gratisan.

CDN itu apa sih, semacam cache tersebar yang mendistribusikan akses terhadap server dengan memberikan server bayangan yang terdekat kepada pengakses, jadi kalau situs saya yang di Indo diakses orang london, dia ga langsung ke Jakarta koneksinya, tapi server copy situs saya di sekitar Inggris, buat saya yang pernah jadi it admin, cdn paling beken kayaknya si akamai, segala akses update aplikasi ke dia, situs ke dia, pokoknya yang paling ngabisin bandwidth.

Dari gambar wikipedia disini, proses setelah CDN itu gambar yang kanan



Dari tulisan blog diatas, jadi bikin tertarik sama si cloudflare ini, dan setelah melihat informasi singkat serta fitur fitur yang dipunyai cloudflare, langsung saya daftarkan situs saya si aespesoft.com supaya di handle cloudflare.

Inti prosesnya sederhana dan cepat sekali, saya hanya perlu merubah nameserver situs saya ke nameserver milih cloudflare. Sebenarnya saya ga terlalu butuh juga sih CDN ini, karena kebanyakan atau hampir 98% pengakses situs saya cuma Indonesia saja. Tapi namanya juga gratisan, di coba aja dulu


Proses perubahan nameserver sampai terdeteksi mendunia itu maksimum 24 jam, tapi saya kurang dari 10 jam juga sudah terupdate.

Selama ini fokus concern saya untuk situs aespesoft.com itu hanya visitor saja, belum terlalu peduli keamanannya. Daan.. ternyatah.... setelah 10 hari berjalan dengan cloudware, diam diam banyak sekali ancaman yang mengganggu situs saya ini,  untunglah bisa di proteksi.

Hal lain yang berguna dari cloudflare adalah CDN tadi, setelah aktif, saat saya cek dengan proxy luar negeri, akses situs saya tidak lagi menuju jakarta, tapi menuju server cloudflare terdekat dengan proxy tersebut.

Dari grafik dibawah terlihat penghematan bandwidth adalah, proses pengalihan akses yang dimaksud, lumayan juga penghematan bandwidth situs saya, lebih dari 50% lho...

Jadi, seandainya anda punya situs, iseng iseng coba di cloudflarekan saja...


2 comments: