18 October 2012

Lidwa, Situs Quran dan 9 kitab hadits

Sebenarnya udah lumayan lama tau situs ini, sebagai sumber referensi kalau denger hadits2 beredar di internet, terus pengen lebih jauh tau tentang hadits tadi, bener ga ada secara resmi tertulis dan ada kitabnya, situs ini namanya lidwa, software kitab hadits online, ada di http://id.lidwa.com/app

Agak telat tau, entah baru dipasang atau sudah ada dari dulu, kalau saya menemukan hadits menarik, biasanya saya screen capture baru saya share, sangat kurang informatif, karena saya tidak tahu cara link balik ke informasi hadits tadi, ternyata di pojok kanan, khusus untuk hadits, ada tools untuk menshare informasi haditsnya, hehehe...

Sepertinya situsnya dibuat dengan flash sehingga bila link di klik, tidak ada informasi mengenai link menuju hadits yang kita baca, dengan tools ini, terutama icon jangkar nya, kita bisa membagi direct link, ke hadits yang menarik tersebut.


Saya mendoakan banyak banyak kebaikan dan balasan berlipat lipat dari Allah pada yang membuat situs ini, semoga Allah menjaga mereka dari kesalahan dan selalu dimudahkan urusannya, aamiin.

Untuk situs ini fitur lain yang sering dan sangat bermanfaat adalah 
  • pastinya yang utama, di kiri atas, tentang fitur pencarian, 
  • setelah itu, tombol perawi, ini informasi hirarki orang orang yang merawikan hadits tersebut
  • pembanding, informasi hadits lain yang mirip di kitab kitab imam yang lain
  • tombol share yang saya sebutkan di atas



Untuk tombol perawi, bila di klik maka, informasi flowchart akan muncul di kiri, dari orang orang yang sudah di sebut di haditsnya sendiri


Dan bila kotak orang2 tersebut di klik, akan muncul informasi singkat mengenai mereka dengan statistik mereka jadi referensi di kitab kitab hadits yang ada


Untuk pembanding sendiri, akan muncul hadits2 yang mirip yang bisa juga jadi referensi dari kitab yang sama atau dari 8 kitab lainnya





No comments:

Post a Comment