12 June 2012

Perpanjang STNK dan SIM

Baru keingetan buat di tulis, Jumat kemarin sengaja pulang ke Bandung, biar Sabtunya bisa ngurus stnk dan sim yang udah habis  masa berlakunya.

Untung step step ngurus sendiri ini pernah ditulis, jadi tinggal baca aja, apa yang harus dibawa, Alhamdulillah, urus perpanjangan STNK di SAMSAT bypass, masih cepet dan lancar seperti yang saya tulis dulu disini, cuma modal STNK, KTP dan BPKB di loket 1, tinggal bayar di loket 2, beres deh prosesnya, ga  sampai 5 menit sudah bisa langsung ke poltabes untuk ngurus SIM.

Untuk ngurus SIM yang saya tulis disini, ga sempat ke BEC, dan ga yakin juga bakal ada disitu, so, saya tetap ke poltabes untuk urus SIM ini, untuk proses masih sama, hanya sekarang proses checkup, naik biayanya jadi 40rb dan tempatnya pindah ke rumah paling ujung.

Kalau dulu bikin SIM nya lama karena ada kerusakan jaringan, sekarang prosesnya sangat cepat, kurang dari 1 jam, maka tombol kepuasan yang saya pilih, itu tombol "sangat puas", hehehe...

Proses prosesnya,

  • Checkup, disini cek buta warna dan tensi darah, kurang lebih 5 menit
  • Bayar asuransi dan pendaftaran, dengan menyerahkan surat checkup, fotokopi ktp dan sim lama, 5 menit juga
  • Pembayaran ke Bank dengan menyerahkan map dari pendaftaran, kemudian menunggu dipanggil untuk mendapatkan form yang akan diisi, disini menunggu kurang lebih 10 menit dan mengisi form 5 menit

    Saat menunggu ini, saya melihat sekarang test berkendara motor untuk pembuatan sim baru, tidak lagi di lapangan ternyata, tapi via simulator, tob juga inih

  • Setelah selesai langsung masuk ke ruang foto, saat masuk, ruangan sangat penuh, tapi proses per-orang sangat singkat, disini saya menunggu kurang lebih 25 menit, dengan lama proses foto kurang lebih 40 detik per orang, jadi kalau masuk, kira kira saja ada berapa orang didalam, dan perkirakan waktu anda dipanggil, tidak terlalu terasa, karena saya menunggu sambil membaca majalah di tablet iconia :D
  • Setelah difoto saya langsung di suruh menuju loket pengambilan SIM, agak terkejut dengan ruangan yang kosong, saya pikir sudah tutup, karena jadwal proses pembuatan sim hanya dari jam 8 sampai jam 11, ternyata, ruangan kosong itu karena proses yang cepat, belum juga duduk nyaman dan membuka tablet, nama saya sudah dipanggil, setelah menerima sim, saya diminta menekan tombol kepuasan, karena proses yang simple dan cepat, tentu saja saya puas sekali :)
Alhamdulillah, pelayanan polisi dari terakhir mengurus sim dan stnk ini masih di jaga tetap professional.

No comments:

Post a Comment