26 May 2012

Cara sharing lokasi dari google maps di Iphone / Android

Cukup sering saya harus berkunjung ke klien untuk demo aplikasi, training atau reparasi sistem mereka, seringnya informasi lokasi yang saya dapat dari mereka hanya alamat, berhubung saya tidak hapal Jakarta, maka alamat ini saya gunakan di GPS yang ada di tablet saya.

Untungnya GPS yang saya gunakan (sygic) cukup lengkap dan mendetail, untuk jalanan di Jakarta sudah sangat memadai, tapi, setelah tiba di alamat, untuk mencari lokasi tepat milik klien tersebut, ada usaha lebih lanjut untuk pencariannya, seperti mencari satu satu nomer rumah atau bertanya sana sini, sangat kuno yah.. padahal sering sekali klien saya itu sudah menggunakan iPhone atau handphone Android yang sudah ada google mapsnya. Sayang, kebanyakan klien tidak tahu cara berbagi lokasi mereka ke saya, sehingga lokasi akurat koordinat GPS tidak bisa saya manfaatkan untuk di input ke GPS

Berikut ini adalah cara untuk untuk share lokasi dari google maps di iPhone, tapi prinsipnya sama saja di google maps milik Android

Cara pertama adalah, mensharing lokasi kita sekarang, yaitu koordinat hasil deteksi GPS, biasanya tampilannya seperti dibawah ini


Bila sudah ada lingkaran biru tersebut, tekan/touch dengan jari, hingga muncul info seperti dibawah


Tekan, panah biru yang ada, hingga muncul layar seperti dibawah


Dari layar tersebut, tekan opsi, share location, pilih cara sharingnya, kalau saya lebih menyukai sharing via email, karena akan diberikan dalam bentuk link


Cara kedua, bila kita ingin menshare, lokasi lain, selain hasil deteksi GPS, bisa jadi kita sedang di rumah, tapi kita ingin mensharing lokasi kantor kita ke teman atau klien kan.

Pilih lokasi yang kita inginkan, zoom hingga jelas posisi jalan nya, kemudian, tekan yang lama, hingga muncul jarum pentul atau pin berwarna ungu, langkah selanjutnya sama dengan diatas, tekan panah biru, kemudian share


Untuk android juga mirip dan sesederhana diatas, tekan dan send location to others, semoga bermanfaat dan tidak jadi nyasar :)

No comments:

Post a Comment