28 April 2012

Aplikasi untuk sinkronisasi mode backup satu arah

Saya baru tahu istilah backup satu arah namanya itu echo, hehehe... ceritanya belakangan, intinya untuk backup local di komputer alternatif saya biasa menggunakan viceversa tools yang free, lumayan simpel dan mudah, sayangnya belum terlalu canggih dalam sistem batch, atau untuk sinkronisasi beberapa folder sekaligus masih harus manual, satu satu kita pair dan sinkronisasi.

Saya butuh aplikasi yang tinggal satu klik, dia akan mengcopy seluruh data yang sudah saya tentukan di laptop saya ke desktop di rumah, dimana mode copy nya yaitu mengcopy file terbaru dan menghapus file di tujuan yang tidak ada di sumber, alias duplikat fresh dari sumber.

Untuk versioning atau mode histori perubahan file kerja, sistemnya sudah saya setup sendiri dengan svn di xp-dev.com dan auto sync aplikasi dropbox.com, saya hanya ingin semua data terbackup di harddisk khusus di desktop.

Sempat cari cari dan review beberapa aplikasi, eh, ujung-ujungnya ketemu dan menggunakan aplikasi buatan Microsoft, jangan tertipu, biarpun ujung namanya ada toy, alias cuma di anggap mainan, aplikasi ini sempurna sekali buat yang saya butuhkan, namanya Sync toy.

Setelah download dan install, inti pengunaan aplikasi ini adalah, kita daftarkan pair folder, yaitu pasangan pasangan folder sumber dan tujuan, untuk sistem dua komputer lokal, komputer tujuan hanya perlu di buatkan folder yang di share dengan akses penuh saja (read/write).


Kemudian set mode sinkronisasinya, ada tiga



  • synchronize, yaitu penyamaan isi dari sumber dan tujuan dengan dua arah, yang baru akan menimpa yang lama, baik dari tujuan maupun sumpber, ada penghapusan file bila tidak ada
  • echo, ini mode yang saya butuhkan, sinkronisasi satu arah, semua data di sumber di copykan ke tujuan, file yang sudah tidak ada di sumber akan di hapus di tujuan, mode simpel
  • contribute, ini mode yang mirip dengan echo, tapi tidak ada penghapusan di folder tujuan, untuk lebih aman sebagai backup mungkin mode ini yang harus dipilih, tapi bukan ini yang saya butuhkan, karena mode ini bisa dengan mudah di lakukan melalui batch file dengan sintax xcopy di command prompt
Setelah itu beri nama sinkronisasi pasangan folder ini


Setting lebih lanjut bisa di lakukan untuk sinkronisasi ini, yaitu filter file yang akan di sinkronisasi dan opsi lainnya


Bila sudah settingnya, tinggal di run saja sinkronisasi ini



1 comment:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai sinkronisasi, silahkan dikunjungi dan dibaca untuk menambah wawasan, berikut
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/811/1/Modelling_IinLidya(7)207_213.pdf
    trimakasih

    ReplyDelete