28 March 2012

Wake On Lan utility/software untuk multiple subnet

Sempat pusing wake on lan server HTPC saya tidak berjalan, tapi saat saya install HTPC remote di iphone, si server dengan sukses berhasil dinyalakan dari jauh, ulik ulik dengan wireshark untuk capture paket data, ternyata masalahnya si server tidak menerima magicpacket pembangun dirinya itu.

Via wireshark itu saya temukan, kalau broadcasting magicpacket wol salah sasaran, ternyata di laptop saya yang terinstall virtual box dan vmware, memiliki total kurang lebih 5 subnet, sehingga si paket wol ini nyasar ke subnet vmware yang entah kenapa dapat prioritas lebih tinggi dan wake on lan gagal pada si server

Untungnya dengan keyword yang tepat saya menemukan tools yang sesuai yang saya butuhkan ada di situs depicus [http://www.depicus.com/wake-on-lan/wake-on-lan-cmd.aspx]

Berbeda dengan tools lain yang mengasumsikan komputer yang akan di wol itu masih satu subnet, sehingga perintah wol nya sederhana sekali, hanya mentargetkan mac address belaka.

Dengan depicus, target server bisa di atur tidak hanya mac address, tapi juga IP dan broadcast mask nya, port UDP untuk wol ini secara kesepakatan adalah 7 dan 9, contoh si depicus menggunakan 7, tapi saya menggunakan 9, karena di kenali oleh wireshark sebagai paket wol, bila menggunakan port 7 maka hanya dikenal sebagai paket UDP

Wake On Lan Command Line...

Usage: wolcmd [mac address] [ipaddress] [subnet mask] [port number]

i.e.  wolcmd 009027a322fc 195.188.159.20 255.255.255.0 7

or    wolcmd 009027a322fc depicus.com 255.255.255.0 7

Copyright www.depicus.com (Brian Slack) 1966-2005

Berikut hasil capture, wol yang dikirim oleh hape iphone saya [ip address : 192.168.99.100], berhubung dia hanya satu subnet, broadcast wolnya sukses di kenali oleh server dengan mask yang general.


Berikut hasil capture yang dikirim laptop saya dengan sintaks :

wolcmd 00248cc5aa20 192.168.99.10 255.255.255.0 9

IP Address 192.168.99.101 adalah laptop saya yang berusaha membangunkan server HTPC dengan ip 192.168.99.10 dengan mac address : 00248cc5aa20, bisa dilihat, wireshark pun mengenali paket tersebut dengan tepat dengan broadcast mask yang lebih sesuai target dan pengirim yang diinginkan


Utility lain yang saya coba tapi gagal  itu amd magicpacket, fusionwol, emco wol dsb, semua gagal dan tidak dikenali wireshark

No comments:

Post a Comment