06 February 2012

Text expander otomatis untuk shortcut pengetikan

Saya pernah menulis disini dimana salah satu yang saya sukai dari fitur ios baru di iphone itu shortcut atau autotext, jadi tinggal ketik satu kata dengan beberapa huruf, maka otomatis di terjemahkan jadi kalimat panjang, trik yang sangat menghemat waktu, karena deal saya dengan para klien via sms yang seringnya bertanya hal yang sudah sering ditanyakan, jadi jawabannya pun sudah saya siapkan, misalnya alamat dan nomor rekening. Fitur ini di iphone mungkin salah satu fitur yang saya abuse, karena langsung penuh diisi dengan singkatan2 yang sering saya gunakan, hehehe...

Untuk windows berhubung speed mengetik saya lumayan tinggi *tssah*, trik semacam ini agak kurang diperlukan, seandainya diperlukan, saya menggunakan ditto, tools clipboard storage, yang bisa menyimpan kalimat panjang yang mudah untuk di set sebagai content clipboard dan tinggal pilih kemudian di "paste" maka, kalimat panjang tersebut sudah terhamparkan dalam dokumen yang diinginkan

Tapi akhirnya karena terlalu sering berurusan dengan jawaban yang itu itu saja, akhirnya saya cari juga aplikasi yang support trik ini daan... aplikasi yang saya temukan yang saya rasa cukup bagus untuk memenuhi kebutuhan saya adalah aplikasi PhraseExpress di http://www.phraseexpress.com/

Download dan install aplikasi ini di http://www.phraseexpress.com/download.htm, fitur aplikasi ini sangat banyak dan bagus bagus, dari situsnya fitur fitur tersebut adalah

Text Snippets Manager PhraseExpress organizes your frequently used text snippets in customizable categories for quick access.
Autotext PhraseExpress saves keystrokes by expanding text abbreviations into full text snippets. E.g. typing 'sig' could insert your signature into any program.
For example, you could set a keyboard shortcut so whenever you type "DCT" it automatically expands to "Dear Customer, Thank you for contacting us."
PhraseExpress provides this known MS Office Autotext feature in any Windows program, e.g. Internet Explorer, Excel, Database Front Ends, etc.
The Text Expander for Windows is ideal for people who are continually typing the same things over and over, reducing the time spent typing and minimizing spelling mistakes.
Auto-Complete PhraseExpress recognizes repetitive text input automatically and offers to auto-complete full sentences on demand.
Spelling Correction PhraseExpress includes a system-wide spelling correction with more than 10,000 spelling corrections in seven languages.
The new TypoLearn™ feature detects often corrected typos from individual users and automatically adds such spelling corrections and create a custom-fit spelling correction database.
TypoLearn™ is independent of the used language and works with all Windows programs.
Clipboard Manager While the standard Windows Clipboard keeps only the last copied data, the PhraseExpress Clipboard Manager keeps recently copied clipboard contents for quick access and insertion into any application.
Built-In Pocket Calculator No calculator at hand while you work on a document? PhraseExpress can perform calculations as you type.
Program Launcher Launch programs simply by entering a text shortcut. For example, type 'word' to launch Microsoft Word or 'exc' to open a spreadsheet.
Email Signatures PhraseExpress can manage your email signatures templates for use in any mail program, such as Outlook, Lotus Notes or Thunderbird. Dynamic contents can be embedded from ActiveDirectory/LDAP.
Multiple signatures in different languages or separate footers for personal vs business purposes can be easily managed in free-defined categories.
Cross-Platform Solution PhraseExpress can also import snippets from SmileOnMyMac's software TextExpander™ to provide a cross-platform Text Expander for Windows and Mac. PhraseExpress can also be considered a Typinator for Windows.
RSI syndrome prevention PhraseExpress reduces the risk of suffering from the Repetitive Strain Injury, as it helps to significantly reduce amount of time spent using a keyboard.

Untuk saya, yang saya butuhkan hanya autotext saja, saat awal penggunaan mungkin agak bingung tapi step sederhana untuk autotext berjalan adalah, klik kanan ikonnya di taskbar, dan buka setting si phraseexpress


Phraseexpress ini mempunyai cukup banyak built-in phrase, seandainya ingin pengkategorian khusus, klik new folder dan letakkan phrase pribadi kita dibawahnya, setelah folder dibuat, tekan tombol new phrase dibawahnya


Maka otomatis akan terbuka, tampilan setting dari phrase tersebut, isikan seperti gambar diatas, yang utama adalah bagian 4 dan 5, dimana bagian 5 akan digantikan oleh bagian 4, saat spasi sudah di tekan, untuk contoh diatas "norek" akan digantikan "BCA 2801190300 an Agung Sagita Purnama atau Mandiri 1230005039633 an Teti Hastati" secara otomatis. Sangat lebih cepat dibanding memilih dari clipboard favorit untuk di paste dari aplikasi ditto.

Fitur lain yang sangat menarik adalah kalkulatornya, saat kita mengetik persamaan dan menekan tombol sama dengan (=) kemudian tab maka hasil otomatis ditampakkan, sangat menyenangkan buat saya :)

Contoh contoh yang disediakan phraseexpress ini sangat lengkap untuk memahami fungsinya, hal lain yang paling menyenangkan adalah, aplikasi ini gratis untuk penggunaan personal

No comments:

Post a Comment