11 November 2011

Pengalaman Pertama Update IOS 5 Ke 5.0.1 Tanpa Komputer

Biasanya untuk update ios, saya membutuhkan lebih dari 1 jam proses untuk melakukannya, karena harus mendownload dulu image .ipsw yang besarnya ratusan mega, untuk ukuran tersebut, walaupun di rumah sudah menggunakan internet kecepatan 1,5 mbps, saya tetap harus mencari direct download linknya dulu, karena update via itunes langsung sering gagal dan terputus ditengah jalan.

Update terakhir dari ios 4 ke ios 5 adalah hampir 685MB, dan setelah itu ada proses backup dan restore lebih lanjut dengan itunes, sangat merepotkan.

Sekarang di IOS 5, sudah ada fitur dimana idevice khususnya iphone saya tidak memerlukan lagi komputer untuk proses updatenya, total waktu yang saya butuhkan untuk update ini hanya 15 menitan dan besar update hanya kurang lebih 39 MB, alhamdulillah berjalan sangat lancar sekali.

Prosesnya, dari menu settings-general, masuk ke menu 'software update'


Dia akan melakukan cek, apakah ada update baru di server apple,


Akan muncul tampilan informasi update baru bila, ada update, seperti gambar dibawah, dari perbaikan yang dilakukan, tampaknya untuk iphone saya yang versi 3GS hanya pengaruh tentang batre dan tentang document di icloud, walaupun saya tidak terlalu merasa batrenya boros, tapi kita coba saja lah,  siapa tahu memang ada perbaikan yang signifikan.


Bila kita memilih untuk melakukannya dan mengklik proses downlad and install, akan ada perjanjian yang harus di setujui dulu, sebelum proses bisa dilakukan


Saya tidak tahu apakah proses update bisa dilakukan tanpa harus di charge atau tidak, tapi demi amannya, saya melakukan update ini dengan kondisi iphone ter-charge


Dan.. update akan menampilkan proses dilayar ini, besar update akan terganti dengan jumlah waktu yang dibutuhkan, untuk saya kurang lebih 15 menit, setelah itu iphone akan ter-restart sendiri dan proses pun selesai. 


Sangat cepat dan mudah, asalkan koneksi internet via wifi anda cepat, sepertinya semua hal akan lancar. Selamat mencoba :)

No comments:

Post a Comment