27 August 2010

Pasang Sendiri GPS Tracker Buat Mobil

Tadinya denger cerita temen yang ngakalin hape nya yg gw ga tau merk apa, lupa... bongkar power supplynya supaya bisa ngambil dari aki mobil, terus dipasang dimobil dia, si hape bisa ngasi informasi lokasi walau ga terlalu akurat dari triangulasi bts-bts sekitar dia, keren juga..

Sebenernya udah lama sih tertarik pake gps tracker yang bisa dipasang dimobil ini, apa lagi denger cerita ada pemilik rental mobil yang mobilnya dibawa kabur tapi bisa ketangkep gara gara mobil nya dipasang gps tracker

Temen gw diatas juga ngerentalin mobilnya, jadinya dia harus pasang tracker, belumnya kita pake gps tracker soale diindonesia liat liat di situs online mahal mahal euy... 2-3 jutaan gilee.. Untunglah ketemu ebay ... nyari gps terakhir rata rata jualnya yang model kayak gini



Harganya ternyata murah lho 650an ribu rupiah, tapi... kena bea cukainya yang mahal, gw ga tau bea cukai itu ngitungnya gimana, kata temen sih pake persentase dari harga barang, tapi ngga juga tuh, gw beli dua, kena charge 330rb, terus beli lagi tiga eh kena segitu juga... jadi kayaknya mending beli banyak sekalian hehehe...

Pertama beli dua, barengan ama temen gw tadi, buat ngetes dulu, bagus atau ngga, ternyata kereen... lumayan akurat nih gps, koordinat hasil dia, mpir nemplok ama koordinat dari iphone gw

Beli yang pertama ini, harga per gps kurang lebih 800rb tapi gw rada dodol bin stupid, nyari yang paling murah, free shiping segala, tapi ternyata fiturnya ga lengkap, siyal... iya... gw beli tapi ga dikasi power supply buat mobil, terpaksa deh diakalin, power supply buat mobil tuh harusnya kayak digambar diatas.

Gw akhirnya pake usb charger buat mobil yang ngeluarin 5v - 1000mA, berhubung si gps cuma dikasi charger listrik, kepaksa deh dipotong, untuk minimalisasi  bongkar, kabel potongannya gw sambung kabel usb bekas, buat di colok ke si usb charger mobil tadi, sementara si usb charger, di rusak ujungnya, ganti ama kabel tarik ke terminal yang aktif ngasi tegangan 12v walau kunci kontak off, hasilnya kyk gini



Setelah puas, dengan hasil pertama, gw ma temen tadi beli lagi 3 buah, berhubung dia punya beberapa mobil n mungkin mo dijual juga, hehehe, yang berikut ini manteb, lebih lengkap barang barangnya

Untuk yang kedua ini, waktu kirim sekitar 2 minggu, kalau yang pertama, berhubung gw siyal, nyari yang murah tapi malah mahal, waktu kirim 1 bulan, yang kedua ini jatuhnya udah dengan nebus bea cukai, 750rb an per gps.

Cara kerja si gps sih lumayan simple, kasih simcard, kalau bisa sih nyari yang masa aktifnya lama, klo gw nyarinya yang setipe ama yang gw pake, biar bisa gw transfer pulsa. untuk ngendaliin si gps semua perintah dilakuin via sms, pertama pertama, harus di aktifasi dulu, trus ganti password dan set mode, dia punya dua mode, mode monitoring ama tracking, kalau kita set mode dia dalam mode tracking, tiap si gps kita call, si gps bakal reply dengan koordinat, waktu, status batre ama link yang kalau di klik buka google maps


Untuk mode satu lagi, ini yang keren, klo kita set ke mode ini, alat ini berubah jadi sistem penyadap, hehehe, dia bisa jadi penguping, jadi bisa dengerin apa yang di obrolin di sekitar alat itu

Spesifikasi lengkap gw copy paste dari si penjual aja ya, link itemnya di ebay ada disini


Content
Specs.
Dim.
64mm x 46mm x 17mm(1.8”*2.5”*0.65”)
Weight
50g
Network
GSM/GPRS
Band
850/1800/1900Mhz or 900/1800/1900Mhz
GPS chip
SIRF3 chip
GSM/GPRS module
Siemens MC55 or Siemens MC56
GPS sensitivity
-159dBm
GPS accuracy
5m
Time To First Fix
Cold status? 45s/ Warm status? 35s /Hot status? 1s
Car charger
12—24V? inpu? / 5V?? output
Wall charger
110-220V? input? / 5V?? output
Battery
Chargeable changeable 3.7V?800mAh Li-ion/battery
Standby
48hours
Storage Temp.
-40°C to +85°C
Operation/Temp.
-20°C to +55°C
Humidity
5%--95% non-condensing


6 comments:

  1. kang, minta saran dong, kalo mau beli GPS trackingdi internet, harus pilih yang mana?

    ReplyDelete
  2. Wah ga bisa ngasi saran, pengalaman beli baru satu merk di satu tempat, mungkin googling2 aja dulu :)

    ReplyDelete
  3. oh ya gimana setting mode untuk langsung report ke TCP server..

    saya dah coba pasang ke mobil...
    tapi kalo gpsnya memakai arus dari batere mobil.. GPSnya tdk bisa Reply SMS.. Tapi begitu saya cabut dan ganti ke batere GPS. dia bisa aktif kembali.. coba dibantu. thx.

    spec GPS saya sama dengan punya bapak

    thx

    ted

    ReplyDelete
  4. untuk yang tcp server belum saya coba, belum butuh soalnya, masih via sms, masalah charger, charger nya rusak mungkin pak

    ReplyDelete
  5. kalo boleh tau pake type brp ya?

    ReplyDelete
  6. wah link yg ebay udah ilang ya, type nya ga jelas sih, liat speknya aja pak, males bongkar mobil buat liat, hehehe :D

    ReplyDelete