14 June 2010

Windows Mobile dan Iphone...

Gw udah pake winmo kurang lebih 4 taunan, 3 taun lebih pake dopod 838 pro, 7 bulan pake soner xperia x1, skarang ganti pake iphone.


(gambar nyolong dari google images :D)

Kenapa ganti? xperia awal pake sebelum diganti versi sistem operasinya, jelek, lambat, tapi setelah gw upgrade via info dari forum.xda-developers.com rada lumayan kecepatan respond nya tapi tetep aja ada jeleknya, yaitu keyboardnya, terlalu kepinteran, mau gw satu huruf eeh, muncul bisa 2 mpe 3 huruf, halah...

Buat guwe urusan ngetik mengetik di hape ini lumayan penting, gw aktif banget ber sms dan ber email via hape *note: gw blom tertarik ama BB ya :p*

So ya udah gw mulai browsing2 cari hape yang dari review dibilang bagus untuk urusan ngetik, gw nyari di bec-bandung-bin-susah-parkir itu, karena gw bosen ama winmo ya udah gw cari yang android, eh ada motorola, dia android dan ada sliding keyboardnya sama kyk xperia, pas pulang tnyata oh tnyata, review untuk motorola tsb jelek, ga jadi deh, setelah abis liat liat hape android, pilihan gw ya tinggal nexus one, sayang nya belom resmi disini keluarnya...

Pas gw browsing lebih jauh tentang nexus one ada di salah satu artikel ini yang ngebandingin dia ama Iphone, ternyata iphone lebih enakeun, bahkan si penulis nulis blognya yang panjang lebar pake iphone, wew...

Untungnya di kantor ada iphone nganggur, gw cobain, ternyata iya, walo awal2 masih salah ketik, tapi responsivitas nya yang cepet walo gw ngetik ngebut ngasal ngawur ampir ga ada jeda antara yang di ketik ampe muncul dilayar, beda banget ama se-x1 gw, yang kadang bengong dulu sebelum munculin hasil tulisan kadang ngehang dengan sukses, kekeke...

Dibawah ini mo nulis review barang punya gw pribadi, pasti nya subjektif gmana gw n kebutuhan gw, perbandingan winmo dengan device si se-x1 ya ama iphone, dengan penggunaan intensipppp mpir 2 mingguan, secara umum apa gw puas? untuk ngetik iya, hahaha, sial... lainnya banyak yg ngga juga, ga ada yang sempurna yah... hmm

Untuk OS
-sex1+winmo ga stabil, colok untuk restart sih udah kebiasaan yang... dari namanya aja udah jelas.. biasa banget, sering ngehang, ga responsive

-iphone 3gs, cepet edan lah buat eksekusi aplikasi dan stabil, mpe skarang gw blom pernah restart, ada aplikasi yang ngehang, si tweetdeck, tapi gw close, start lagi, ya jalan lagi lancar

Koneksi Fisik
- sex1 pake kabel mini usb yang bejibun dimana aja ada

- iphone pake kabel khusus, mahal, blom umum

Network
- di rumah sex1 gw sering ilang sinyal, gw pikir radio si hape yang rusak, mpe nge flash firmware khusus radio versi lainnya, eh, setelah ganti iphone ternyata sama aja, operator yang gw pake yang dodol ternyata

untuk wifi, winmo gw itu bakal diskonek klo gw masuk mode power saving, alias layarnya di matiin, dan koneksinya kadang suka lama, dan kadang suka putus ditengah jalan, harus di off terus on lagi buat nyambung si wifi-nya

- radio nya sama aja kyk se-x1 ga ada istimewanya, gw solat di basement kantor juga tetep aja ilang, sempet kepikiran mo ganti operator, tapi blom nemu yang bisa ngasi gw nomer 10 digit, hehehe

untuk wifi, dia konek teruss, ngabisin batre, tapi klo wifi di off-in trus dinyalain lagi, cepet banget koneknya dan kyknya blom pernah putus ditengah jalan yang bikin gw ga bisa browsing.

iphone ga punya bluetooth, untung gw hampir2 ga pernah pake bluetooth jaman masi punya winmo, jadi copy2an file jangan harap

Messaging
- standar windows, keren, lengkap, full feature tapi.. lambat, outlook nya aga bermasalah ama koneksi via imap, folder selain inbox ga bisa di sync, ga bisa resolved mpe hape ini gw jual :D, untungnya ga terlalu masalah buat gw, jarang milah2 email di server, ke folder2, selain lambat n error diatas gw ga punya komplain, puas

- iphone buat writing message ga ada masalah sama sekali, cergas deh, tob, tapi... buat arsipingnya, suck !!!!, masa ga ada fitur searching, ada yang nyediain software yang bisa searching message tapi iphonenya harus di jailbreak dulu, arggh... gw masi nahan diri buat nge jailbreak si iphone ini, pas gw mo koding n blajar2 development iphone, nanya ama master di kantor, eeh... akses ke messaging di block ama apple, fakkedemak deh... ga asik ga asik ga asik... pantes di apple store ga ada yang jual aplikasi buat searching ini, bandingin ama winmo jauh banget, di winmo, kita ngetik term apa saat listing messages, semua messages yang mengandung term itu muncul dan terfilter, tinggal di proses lebih lanjut, sayang gw ga tau info ini saat beli.

Fitur
- si sex1 ga ada fitur yang aneh dan unik, umumnya aja, yang paling gw suka dari sex1 fitur gps dan radionya, bluetooth ada buat transfer file dan headset

- iphone 3gs, ada kompaaass... yeeea, kompas magnet beneran ya, bukan via gps, ini yang paling gw suka, jadi kiblat ga akan salah lagi, soale digabung ama gps, malah ada di app store aplikasi buat nyari kiblat, manfaatin dua fitur diatas, ati ati yang pake saku hape dipinggang yang ada magnet ditutupnya, gw harus bongkar saku hape gw, supaya ngeluarin magnet n gw ganti pake velcro (prepetan ceuk sunda mah :p)


bluetooth ada di iphone tapi buat koneksi ke headset aja, dan cara nyambunginnya juga harus punya docking, halah, ribet

yang bagus dari iphone lainnya, multi touch ama switch buat matiin suara, keren deh, buat zooming di browsing dan vnc enak banget pake multi touch ini, klo switch silent itu kepake pas di mesjid, hehehe tinggal ceklek mati deh, tapi switch silent ini ga ngepek buat alarm, ati ati ngeset alarm, tetep akan bunyi dia, walo switch udah off

Batre
- di se-x1 gw mah udah biasa dah, abis batre dalam 1 hari umumnya setelah di flash pake firmware yang pinter manage batre, sex1 gw bisa tahan 2 harian

- iphone suckkkks !!, dengan full feature gw nyalain, wifi, 3g, ym nyala diblakang via notifikasi, jam 8 malem 100%, pagi bangun tinggal 60%, jangan nyuru gw mati2in fitur itu ya, gila aja gw beli barang versi terakhir tapi gw jalanin iphone ini ala iphone versi awal, terpaksa gw beli mophie di ebay, mophie itu casing condom gitu deh yang merangkap jadi batre

Sync
- sex1 n iphone ga ada masalah, sex1 dengan winmo, bawaannya pake activesync

- iphone nge sync nya pake itunes versi 9

Display Adapter
gw ga bisa ngebanding display adapter dengan game, soale ga suka ngegame yang gw pake acuan, vnc aja ya, yang sering gw pake.

- sex1 aga lambat tuh pake vnc ngeremote server, mungkin karena resolusinya yang gede banget

- iphone enak banget displaynya, buat ngeremote pake vnc, pas tadi pagi ada server mati aplikasinya, gw nyalain jarak jauh pake vnc di iphone aja, males soale nyalain komputer gw dulu hehehe

Customization
- sex1 dengan winmo, RAJA !!! ga ada batesan deh buat nge kustomize winmo

- iphone, ada istilah jailbreak, udah cukup jelas kan... using iphone means, youre in jail :p, lu cuman bisa pake aplikasi yang dikasi ijin buat ada di appstore, sucksss !!

Data Storage
- sex1 bisa dijadiin usb disk tambahan, tempat nyimpen file apapun, tinggal colok ke usb dengan kabel miniUsb, langsung deh ada opsi yang bisa bikin si activesync di sex1 ngasi opsi apa dia mo dijadiin sebagai data storage, walopun si operating system ga punya software tambahan buat ngenalin si sex1 (tanpa activesync bisa jalan)

- iphone, di windows jangan harap bisa, di lock supaya ga bisa naro file, pake itunes juga cuman bisa ngesync file multimedia, tapi naro file documents dsb, ga kan bisa, di linux ubuntu, bisa naro file, tapi (blom ngecek lebih jauh), kadang file2 yang kita taro disitu didelete ama si iphone, soalnya iphone ngasi nama filenya dengan nama yang aneh2, dia punya database sendiri untuk ngenalin file hasil sync dengan itunes, succkkksss lagiii !!

Ringtone
- sex1, aaah... anak gw jerit jerit juga bisa gw jadiin ringtone sesuka hati gw, ga ada batesan deh

- iphone, mo nangiiis... kenapa gw ga nyari info ini sebelumnya yaa, smoga kamu yang baca ini jadi tau sebelum beli, ringtone ga bisa diganti dengan mudah, harus pake software, n ringtone sms, juga ga bisa diganti tanpa nge-jailbreak. hik hik.. butut !

Aplikasi
- sex1, bwaah... mo nyari aplikasi kyk apa juga ada buat winmo, multitasking pula

- iphone, ga multitasking, untuk aplikasi sendiri di appstore banyak, ga multitasking sendiri kayaknya fitur yang bikin dia cepet dalam jalanin aplikasi2 yang ada, soale dalam satu waktu cuman boleh ada 1 aplikasi yang jalan, khusus buat aplikasi chat/messaging, ada fungsi terbatas yang diperbolehkan jadi jalan dibelakang cuman buat monitor pesan yang datang aja.

Kesimpulan
buat gw, puas banget buat... ngetik !, mwaaaaa... :((, tapi naluri gw buat ngoprek, terkekang, terbelenggu, terikat, terkunci ooooh aku ter... pen.. ja.. raa... *dangdut banget ya?*, lainnya agak kecewa, walo sedikit suka juga ada *terutama gaya dong bow.. :p*

gw blom mau nge jailbreak dulu, nunggu iphone os 4 kluar ah, sapa tau jadi pada bener keluhan gw, klo masih tetep, kyaknya buat bini gw aja aah, gw nyari lagi hape lain, paling ngga skarang gw tau standar kebutuhan gw kyk gimana, hehehe...

Update
setelah di update ke ios4, ampir semua keluhan gw ilang, termasuk batre dan sms searching, malahan tadinya pake mophie casing merangkap batre, skarang ga lagi, soalnya udah kuat lah seharian nyala walau dipakai cukup aktif, nelp/sms dan chat

akhirnya iphone gw jailbreak, gw tetep pake ios4.0 biar gampang di jailbreak ke jailbreakme.com hehehe

sejauh ini puas pake iphone, simply works... windows mobile keren, bebas buat di oprek tapi kalau butuh handphone yang bisa di andelin, jarang ngehang dan responsive ya iphone...

No comments:

Post a Comment