15 June 2010

Grouping temen di facebook

Guwe pikir ini hal dasar yang banyak orang tau cara pakenya, ternyata ga juga, ade gw sendiri aja ga tau, hehehe

Menurut gw grouping temen di facebook,  itu hal bagus buat dilakuin, soalnya jadi bikin gampang banget buat proses pake facebook itu sendiri, karena level pertemanan dengan beberapa orang itu beda beda kan, nah pake grouping jadi bisa diatur privacynya.

Misal mo pasang status ancur, bisa diset yang baca itu cuman temen kuliah aja, temen yang masuk group "klien" ga bisa baca, ato status doa minta duit yang diset bisa baca cuman "family" aja, sapa tau ada yang mo transfer minjemin duit, kekeke... kan lebih enak, tanpa ngerusak image ke sisa temen yang lain.

Enak yang lain juga, kadang kadang ada orang yang ga kita kenal sama sekali itu suka nge add kita, tapi mutual friends nya banyak, misal temen 1 sma/smp, kan kita ga enak ngerejectnya, tapi gw klo kasus gini gw masukin group "never met" dengan set privacy dia ke facebook gw minimal banget, ga bisa liat wall, ga bisa liat foto dsb, jadi ga perlu ampe bikin account baru, buat nyeleksi temen temen lagi :D

Caranya, klik menu account di pojok kanan atas terus pilih edit friends,



Disitu ntar muncul list temen temen kita, ada dua cara, cara pertama untuk grouping, klik create new list, bikin list baru, misal "sma" untuk temen sma, "kuliah", "ga kenal", "family" dsb, atur atur aja lah, ntar ada window baru yang muncul, pilihin temen2 yang masuk ke nama list yang kita bikin ini, terus save... ulangi untuk list/group yang lainnya

Cara kedua, tanpa perlu ngeklik button "create new list"



Sebelah kanan nama temen ada dropdown list group temen kita, asosiasikan temen ama list yang kita mau, bisa lebih dari satu, klo list yang kita mau blom ada, tinggal create dengan ngetik dipaling bawah dropdown menu tadi.

Kata gw sih klo awal awal enakan pake cara pertama, untuk ngerapihin ato edit orang per orang baru pake cara kedua.

Untuk ngatur batesan akses per group ini, misalkan temen2 luar nagri yang pastinya ga ngerti status2 gw, gw blok dari wall gw, caranya, dari menu account di kanan atas, klik privacy settings


Udah muncul kayak gambar diatas, klik customize settings, ntar muncul kayak tampilan dibawah


klik opsi post by me, pilih custom


Bagian hide from, nya pilihin temen2 yang ga boleh liat, bisa nama orang per orang, atau nama group.

Jadii... dari pada bikin account baru, mending kelompokin aja teman2 nya ya, hehehe... tapi, kalo lu itu seleb :ppp, n temennya udah ribuan, kyknya mending bikin baru aja deh wew...

No comments:

Post a Comment