03 March 2010

Salah delete partisi...

Kmaren salah satu komputer di kantor yang pake windows 7 rc yang dijadiin buat test, expired, n gw harus nginstall ulang ama xp original, komputer itu harddisknya 150gb, dipartisi jadi dua 50gb ama 100gb

Ternyata setelah installasi beres, windows xp ga bisa nimpa boot record nya si windows 7, jadi komputer ga bisa booting.

Biasanya sih pake fdisk /mbr bisa benerin kasus ini, berhubung gw ga punya cd dos, gw pake ubcd, cd utility yang sgala ada didalemnya, dari menu menu utility harddisk di cd itu, gw jalanin aplikasi MHDD, execute help bentar, ada opsi CLRMBR, ya udah gw exec aja, dengan nyante, dengan asumsi, mirip2 deh clrmbr itu ama fungsi si fdisk /mbr... taunyaaa... wtf !!!! si harddisk ilang partisinya, polos menjadi kembali 150GB utuh, mwaaaaaa... hadoh hadoh... padahal semua data udah gw suru taro di partisi kedua, n gw cuman rencana install bin ngoprek partisi pertama aja... beuuh, hari nan sial... mendadak geraaah... padahal kantor gw dingin.

Solusi pertama ya udah, berhubung gw tau ini cuman ngapus data partisi di boot record harddisk, artinya data ga akan hilang selama ga gw format... untung nya, gw inget size partisi sebelumnya itu 50:100 GB-an jadi gw install ulang aja si xp, dengan bikin partisi pertama 50 gb, dan sisa partisi ga gw apa2in dulu, urus belakangan...

Solusi kedua, setelah semua urusan windows beres, baru deh dari computer management (start-run-compmgmt.msc), bagian storage-disk management, gw bikin partisi kedua yang 100 GB, TAPI.. pas ada opsi format, ga gw lakuin, biarin apa adanya, soale gw mau pake utility andelan, yaitu aplikasi getdataback... bikin partisi tanpa di format ini harus, soalnya getdataback ga bisa baca partisi yang blom dicreate.

Solusi ketiga...  jalanin getdataback for ntfs.. ada beberapa step yang dia lakuin, pilih harddisk, scan si harddisk nyari file2 yang masih bisa dibaca, terus listing file2 itu, dst.. baru yg terakhir opsi copy file yang berhasil terscan dia ke folder lain.


Hebatnya si getdataback, partisi kedua ini, ama windows blom bisa kebaca, soale non formatted, jadi dia akses raw data secara fisik, keren !

Aaaah... lega, Alhamdulillah data bisa di recover, dari gambar, ada 13an GB data yang harus di copy... pffiiewwh...

No comments:

Post a Comment