30 March 2009

Backup... Backup

Setelah email yang udah pasrah gw taro di internet aja, yaitu di servernya di yahoo n gmail, ga pernah gw tarik lagi ke laptop, karena gw cape nge-sync antara kantor n rumah, padahal yahoo gw udah bayar 20 dolar setaun tuh supaya dapet fasilitas pop3, sekarang gw mo hosting kerjaan di internet juga...

Tadinya semua email itu gw tarik di kantor trus ntar nyampe rumah gw cek imel di rumah, gw tarik juga ke laptop, nah yg kantor ama rumah beda kan, trus di synchronize lagi, halah makan waktu, sekarang semua email gw taro aja di web... trus klo webnya error n emailnya ilang gimana... pasrah aja aah.


Gw rada paranoid, khusus hasil kerjaan sendiri, hehehe, data gw, gw backup di 4 harddisk, masalahnya, semua backup itu masi satu lokasi ama si sumber asli, klo klo, *naudzubillah* rumah gw ke sapu tsunami ato ancur kena gempa, ya sama aja boong semua kerjaan ilang, manyun deh, harus nyari storage di site yang terpisah.


Dulu gw pake koneksi internet yang walo kenceng tapi ga stabil ga reliable buat naro file, sekarang setelah di kantor maupun di rumah dapet internet yang broadband dan stabil, ngelirik lagi deh backup online.


Khusus kerjaan gw pake SVN ama Tortoise untuk storage ama tool backup nya, gw baru ngecek xp-dev.com sekarang free svn nya udah 1GB lho, gile, kerjaan gw dari taun 2006an svn nya blom nyampe 100 mega2 acan, maklum lah text mode only, paling yang gede itu file2 gambar yang ga seberapa banyak n ga sering berubah.


so... selain yahoo.com, gmail.com kyknya xp-dev.com bakal yang sering gw visit hehehe...

2 comments:

  1. Pake Git aja, lebih powerfull ketimbang svn

    ReplyDelete
  2. baca komen di tortoise banyak juga yg nyaranin git kapan2 deh klo ada waktu... prinsip gw sih, if it doesnt break, dont change it, hahaha maklum udah ga muda... halaah

    ReplyDelete